Komplain Bocor!!! Bagaimana Tindakan TRO?
![]() |
| Sumber : Pexels |
Hallo warga cer yang terhormat, kami siap menerima laporan segala keluh kesah pada unit salah satunya adalah yang dialami kebanyakan komplain bocor, bisa area kamar mandi, kamar utama, atau pun bocor balkon dan juga lainnya seperti bocor kran wastafel, bocor kran closet dan sebagainya.
Kami menerima beberapa laporan tersebut bisa dilakukan lewat via WhatsApp ataupun datang langsung ke ruangan TRO (Tenant Relation Officer) Kami akan infokan kepada tim engineering untuk melakukan pengecekan.
Membuat form Work Order untuk engineering dan lakukan pengecekan pada unit yang bocor, jika bocor area kamar mandi, dan indikasi yang membocori adalah unit atasnya maka kami akan follow up unit atas untuk dilakukan pengecekan juga jika diawal tim engineering mengecek tidak ada tenant. Maka selanjutnya melalui TRO (Tenant Relation Officer)
Jika para warga mendapat chat atau WhatsApp dari kami selaku TRO sebagai berikut.
Selamat Siang Bapak/Ibu Penghuni (CABD-09-009) Casablanca East Residences I,
Kami infokan mengenai adanya laporan dari unit bawah (CABD-08-009):
-BOCOR DI AREA KAMAR MANDI
Mohon agar dapat dischedulekan pengecekan di unit bpk/ibu secepatnya untuk mencegah terjadinya kebocoran yang semakin melebar.
Kami Menunggu konfirmasi dari bapak/ibu untuk jadwal pengecekannya.
Demikian kami informasikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Tenant Relation
Casablanca East Residences I
Maka hal diatas perlu dilakukan pengecekan. Maka dari itu kami selaku TRO (Tenant Relation Officer) sebagai penengah untuk menginfokan bahwa unit bawah melapor dikarenakan bocor maka indikasi dari unit atasnya. Jika sudah dilakukan pengecekan dan hasil dari pengecekan dari tim engineering perlu dilakukan preventif natt atau tindakan sementara natt pada keramik kamar mandi. Maka selanjutnya kita akan menginfokan kembali untuk dilakukan perbaikan pada unit tersebut sebagai contoh unit BD 08 - 09 adalah unit yang mengalami kebocoran, maka unit atas BD 09 - 09 harus dilakukan perbaikan. Dan untuk setiap perbaikan dari unit itu pemilik atau penghuni perlu mengeluarkan biaya.
Sebagai contoh perbaikan adalah sebagai berikut, perbaikan preventif natt.
Selamat Pagi Pak/Bu, kami ingin menginfokan Bedasarkan hasil dari pengecekan engineering agar di lakukan perbaikan preventif/sementara di lantai kamar mandi ,balkon dan di bawah wastafel untuk mengetahui seberapa parah kebocoran tersebut Karena unit bawah Bapak/Ibu melapor kebocoran di area balkon. Berikut rincian perbaikannya :
1.Pengenatan keramik kamar mandi dinding kamar mandi, Balkon dan Wastafel
Lamanya perbaikan tersebut -+ 2 jam
Untuk sementara setelah perbaikan kamar mandi tidak boleh di gunakan selama 4 jam.
Biaya Perbaikan tersebut Rp. 150.000
Dengan rincian :
1.Pengenattan Rp. 150.000
Jika sudah dilakukan perbaikan tetapi unit bawah masih mengalami kebocoran maka di sarankan untuk perbaikan pipa kamar mandi dan waterprofing lantai kamar mandi tersebut.
Untuk perbaikan siapa yang mengerjakan? Apakah dari TRO (Tenant Relation Officer) ? jawabannya adalah bukan dari TRO, untuk perbaikan kita menyiapkan tim dari vendor rekanan atau jika mempunya tukang sendiri. Bisa dilakukan sendiri, kami sebagai TRO (Tenant Relation Officer) hanya menginfokan dan mengingatkan untuk dilakukan perbaikan, kami akan tanyakan jika perbaikan sendiri ingin dikerjakan kapan? dan jika sudah dikerjakan mohon infokan ke TRO (Tenant Relation Officer) untuk mengirimkan bukti foto pengerjaannya, karena untuk menginfokan kepada unit bawah, bahwa unit atas mau melakukan perbaikan sendiri.
Apa Jadinya atau Tindakan Selanjutnya Jika Sudah dilakukan Perbaikan Namun Masih Tetap Bocor?
Seperti yang sudah kami infokan sebelum dilakukan perbaikan, yaitu
Jika sudah dilakukan perbaikan tetapi unit bawah masih mengalami kebocoran maka di sarankan untuk perbaikan pipa kamar mandi dan waterprofing lantai kamar mandi tersebut.
Maka solusinya adalah Waterproofing. Apa itu Waterproofing? yaitu adalah tindakan pekerjaan membongkar dan mengganti pipa installasi yang tertanam pada bawah area kamar mandi. Dan untuk biaya perbaikan Waterproofing itu biayanya cukup besar yaitu sebesar Rp.3.500.000 dan itu ditanggung oleh pemilik atau penghuni yang membocori unit bawah.
Wahhhh biayanya kok besar banget? Apakah tidak bisa lebih murah?
Kami sebagai TRO (Tenant Relation Officer) memberi opsi yaitu mediasi atau silahturahmi antara unit yang kebocoran dan membocori. Dalam mediasi nanti kita akan membicarakan perihal biaya jika unit atas keberatan dengan biaya tersebut. Maka dibicarakan agar dibagi 2 menjadi 50% 50%. Loh saya kan unit yang kebocoran kok jadi bayar juga? Maka dari itu kita adakan pertemuan ini untuk membicarakan perihal perbaikan unit, bagaimana kesepakatan antara unit bawah dan unit atas, atau bisa 25% unit bawah dan unit atas biaya 75% dan pada saat mediasi atau silahturahmi akan didampingi oleh Chief Engineering dan juga Chief TRO (Tenant Relation Officer) Jika hasil mediasi atau silahturami sudah dilakukan jalan penengah untuk perbaikan. Maka selanjutnya akan dikerjakan oleh vendor rekanan kami.
Sekian sedikit info persoalan alur komplain mengenai kebocoran apapun. Semua setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Berikan pesan yang positif pada kolom komentar agar bisa menjadi diskusi yang baik. Tanyakan jika ada hal yang kurang berkenan atas sistem yang sudah ada dan berikan kritik dan saran agar kita semua saling nyaman :D

Posting Komentar untuk "Komplain Bocor!!! Bagaimana Tindakan TRO?"